Hindari Beberapa Tipe Perawatan Bayi Yang Berbahaya Untuk Sang Buah Hati

Karena perasaan canggung, takut atau semacamnya terkadang membuat ibu dan para orang tua takut dalam mengurus dan merawat bayi. Sebenarnya anda tak perlu ragu atau canggung dalam merawat bayi selama yang anda lakukan benar dan tak membahayakan sang buah hati. Oleh karena itu anda perlu mengetahui beberapa tipe perawatan bayi yang berbahaya dan bisa membuat si kecil menjadi kurang nyaman.

  1. Membiarkan bayi tidur terlentang

Dalam usia-usia balita bayi akan lebiih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur, bahkan beberapa bayi bisa tidur sampai 20 jam selama sehari dengan waktu yang terbagi menjadi beberapa  bagian. Untuk itu anda harus menyiapkan tempat yang nyaman dan aman untuk tidur si bayi. Posisi tidur bayi yang benar memang posisi terlentang namun sebaiknya anda memberikan batasan pada setiap sisi dengan bantal agar bayi tidak sampai berubah posisi ketika tidur.

  1. Menenangkan bayi dengan cara kasar

Karena terlalu sering menagis terkadang membuat orang tua merasa kesal dan lelah karena bayi tak kunjung berhenti menangis. Sehingga hal tersebut bisa membuat para orang tua menenangkan sang bayi dengan cara yang terbilang kasar. Hal tersebut tidaklah dibenarkan karena bayi bisa mengalami gangguan psikis atau mental sejak dini. Oleh karena itu sekesal-kesalnya anda sebainya jangan melampiaskannya kepada sang buah hati.

  1. Memberikan bedak terlalu banyak

Banyak orang tua yang memberikan bedak kepada bayi yang baru dimandikan, jika anda bisa memberikan bedak dengan tidak berlebihan maka hal ini tidaklah membahakan. Namun sayangnya tak sedikit orang tua yang memberikan bedak terlalu banyak hingga membuat bedak menumpuk di kulit bayi. Padahal memberikan bedak terlalu banyak bisa membuat butiran bedak masuk ke hidung atau mulut bayi sehingga proses pernapasan dapat terganggu.

  1. Membedong bayi terlalu kuat

Hampiir setiap orang tua pasti akan membungkus bayi dengan kain khusus untuk bayi agar bayi tidak mengalami kedinginan. Orang jaman dahulu sering kali menyebut hal ini dengan istilah membedong. Apabila anda membedong bayi dengan benar yaitu memberikan ruang kepada bayi untuk bergerak maka hal ini tidaklah membahayakan. Namun jika anda membedong atau mendekap bayi terlalu kuat hal tersebut tidaklah dibenarkan karena dapat membuat bayi susah bergerak dan susah bernafas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *